Kamis, 02 Mei 2013

MALAIKAT YANG MENANGIS

MALAIKAT YANG MENANGIS
 By. Agustiawan Hapsul Jaat

 
Bismillaahir Rahmaanir Rahiim… 
 
Barusan saya istirahat makan di kantor saya, kebetulan kantor saya di daerah yang lumayan 'minus' sich...kalo teman-teman yang ada di Bangka Belitung terutama Sungailiat mungkin tahu daerah Terminal tempat bus antar kota gimana...Banyak pengemis, gelandangan dan orang-orang yang tingkat kehidupannya (maaf) dibawah kesejahteraan...Sebelum mencari makan, saya  beli rokok dulu biar jika abis makan nggak bingung nyarik rokoknya...Saya nyalain satu batang...Sambil merokok saya jalan buat mencari tempat yang enak buat duduk dan makan siang...
 
sampe akhirnya saya menemukan sebuah tempat yang menurut saya enak dan teduh, saya celingukan soalnya semua tempat duduk suda dipakai orang-orang...Di sela-sela celingukan saya, seorang bapak tua bilang ke saya..."Silakan pak, disini aja duduk sama saya" katanya...saya iya kan  saja, meskipun rada panas tapi yang ada cuman disitu doang tempat duduk yang masih tersisa...saya perhatiin bapak itu, orangnya sudah tua banget, kurus, giginya sudah ompong,rambutnya sudah putih semua, bawa-bawa tas besar sama kresek isinya plastik-plastik gitu...saya nggak sempat foto,nggak enak juga kalo saya foto2, nanti dikirain apaan...
 
Dimulailah obrolan sayasama bapak itu.
Saya : A
Bapak : B
 
A : Lagi nunggu apa pak ???
B : nggak mas, ini cuma duduk-duduk saja abis cari sampah seharian...capek...
 
A : Jalan dari jam berapa pak ???
B : dari pagi mas, suda lumayan banyak dapetnya ini...
 
A : Ooouuuwww...
 
Obrolan sempat brenti bentar, saya nikmatin rokok, bapaknya merapikan plastik2nya gitu...Sampe pada akhirnya saya lihat si Bapak pijat-pijatin kepalanya gitu sambil menghela napas panjang...

A : pusing ya pak? siang-siang panas begini emang bikin pusing...
B : (sambil tertawa kecil sang bapak menjawab) iya mas.. agak pusing kepala saya..
 
A : bapak merokok??? ini kalau bapak mau.. (sambil saya menyodorkan rokok saya yang tinggal sebatang...
B : nggak mas terima kasih, saya nggak merokok...sayang uangnya,mending buat makan daripada beli rokok...lagian nggak bagus juga buat badan...

Dalam hati saya rada dongkol juga mendengar jawaban sang bapak tersebut...

A : iya juga sih pak.. (sambil mematikan rokok saya)...
 
Abis itu saya denger suara perut sang bapak...*kruuuuukk* gitu...
 
Saya spontan noleh ke arah si bapak.
 
A :  Bapak belum makan pak?
B : (sambil tersenyum) belum mas, nanti mungkin saya makannya mas...
 
A : wah, tar tambah pusing pak???
B : iya mas, saya sudah biasa kok... 
 
nggak lama kemudian kedengeran lagi bunyi perutnya bapak tersebut...

A : Bapak beneran ga mau makan pak???
B :  iya mas,nanti saja saya makan nya....
 
saya sudah merasa kalo bapak ini bukannya nggak mau makan,tapi beliau nggak punya uang buat makan...

A: bentar ya pak, saya ke warung dulu pesen makan...
B: oh.. iya mas, silakan...

Saya samperin tukang nasi padang terdekat, saya pesan buat saya sendiri sama saya inisiatif beliin nasi sama ayam buat si bapak. Selese pesan, saya bawa nasi dua piring ke tempat duduk tadi, trus duduk...saya mau langsung kasih tapi kok saya takut kalau bapaknya salah tangkap atau tersinggung, jadi saya akting dikit..
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar